Cara Menyalin Teks dari PDF tanpa Terpotong

Liputan6.com, Jakarta - PDF merupakan salah satu format dokumen yang umum digunakan selain Word. Bedanya, konten di PDF bersifat permanen. Sementara di Word, kontennya masih bisa diedit, kecuali dokumen itu memang dikunci dan diproteksi untuk bisa dibaca saja (read only).

Salah satu kendala yang sering dihadapi pengguna ketika berurusan dengan dokumen PDF adalah ketika menyalin teks dan menempelnya di program pengolah kata seperti Word, hasilnya suka terpotong atau berantakan akibat line breaks.

Kali ini Tekno Liputan6.com akan memberi tahu kamu dua trik untuk mengatasi masalah klasik ini. 


1. Removelinebreaks.net
Langkah pertama dan yang paling mudah, kamu bisa menggunakan layanan dari removelinebreaks.net. Seperti namanya, layanan ini akan memperbaiki line breaks yang disebabkan oleh proses salin-tempel (copy-paste) dari dokumen PDF.

Cara kerja layanan ini sangat simpel. Pengguna hanya perlu menyalin teks dari dokumen PDF yang diinginkan, lalu menempelkannya di kolom input.

Selanjutnya pada kolom options, pilih opsi "space" pada pilihan "convert line breaks to". Untuk opsi kedua, yakni "convert paragraphs to", pengguna dapat memilih "empty line" atau "no paragraph".

Langkah terakhir, klik tombol "Remove line breaks" dan hasil akhir proses ini akan ditemukan di kolom "Action".


Trik Find & Replace di Word


Selain menggunakan Removelinebreaks.net, kamu juga bisa menghapus line breaks langsung di Word. Caranya juga cukup sederhana.
  1. Tempel teks dari PDF ke Word.
  2. Seleksi teks yang ingin diperbaiki atau ketik Ctrl + A jika ingin menyeleksi semua teks.
  3. Buka Find & Replace, atau bisa juga lewat jalan pintas Ctrl + H.
  4. Di kolom Find what, ketik ^p yang merupakan representasi dari line break.
  5. Di kolom Replace with, cukup ketik tombol spasi satu kali. Ini berarti satu line break akan digantikan oleh satu spasi.
  6. Selanjutnya klik Replace all dan semua line breaks tadi akan hilang dan digantikan spasi.
Share:

Recent Posts